Pasang iklan Anda di sini.
http://goo.gl/ad3AU2
> > Cara Mengukur Berat dan Loading Blog

19 Cara Mengukur Berat dan Loading Blog

Sabtu, November 19, 2011
http://cirebon-cyber4rt.blogspot.com/2011/11/mengukur-berat-dan-loading-blog.html
Cirebon-Cyber4rt - Keasyikan mempercantik tampilan blog  dengan memasang segala pernak pernik accessories seperti widget, banner dsb, hingga membuat penampilan blog kita semakin cantik dan elegan, tapi itu harus dibayar mahal dengan loading  yang lama karena blog kita menjadi berat alias gendut bin gembrot, apalagi kalau koneksi internetnya lambat. Itulah yang saya alami hingga lupa Mengukur Berat Dan Loading Blog ini.
Dulu pernah diingatkan tentang berat loading blog ini, saya sudah pernah ganti template kurang lebih 6x dan belum menemukan template yang cocok dan ringan untuk blog saya ini. Dan akhirnya saya memilih template newbie transparent v1.0 ini. yaa... walaupun template ini tidak bersahabat dengan Web browser Mozilla Firefoxmau gimana lagi, wong udah cinta :D

Dulu sebelum saya rombak, template ini beratnya 217 kb, namun setelah saya edit sekarang beratnya hanya 76 kb. tapi itupun hanya berlaku di Web browser
Google Chrome.

Sekarang saya punya tools untuk mengukur berat blog ini, agar selalu ingat untuk diet. ya itung-itung di Posyandu aja kan tiap bulan balita itu mesti timbang berat badan biar sehat... hihihi :D

Ada beberapa tools online service yang menyediakan jasa untuk test kecepatan atau Mengukur Berat Dan Loading Blog atau website, namun ingat hal ini tidak termasuk: koneksi internet yang memang lambat, komputer kita yang memang lemot & jadul dan kesalahan alam lainnya , tools tersebut diantaranya :

  1. Pakai  Iwebtool Speed Test : Tinggal masukan URL Blog, klik Submit nanti akan tahu seberapa berat Sizenya (kb) dan berapa lama loadingnya (seconds).
  2. Tool Pingdom  : Yang ini hasilnya agak komplit dan rinci sebab menampilkan grafik tentang lamanya loading dari semua objek  link yang ada dalam blog kita.
  3. Tool Stopwatch  : Namanya juga stopwatch jadi kita akan tahu berapa detik loading blog kita.
  4. Pakai WebSiteOptimization.com.  Yang ini hasilnya akan lebih komplit lagi, kita dapat mengetahui seberapa cepat waktu loading sebuah website apabila diakses menggunakan 6 kecepatan koneksi internet. Hasil tes juga disertai dengan analisis website yang dapat dipakai sebagai acuan untuk optimasi website lebih lanjut.
Dari tools diatas, disini saya hanya akan pasang yang no. 1 saja, sedangkan untuk yg lainnya akan saya posting kemudian (jika sempat). Namun agar blog/website kita tidak berat dan loadnya cepat ada beberapa tips yg mesti diperhatikan diantaranya :

1). Hapus Widgert/script yang tidak penting-penting amat, hal ini berdasarkan kepada :
  • Apakah widget ini sangat anda butuhkan ?
  • Apakah widget ini mempunyai nilai/kegunaan bagi pembaca (jika widget ini tidak ada apakah pembaca akan kesulitan mencari sebuah artikel) ?
  • Apakah pembaca anda akan mengeluh jika anda menghapus widget dari tampilan blog anda?
2). Kurangi jumlah atau perkecil gambar yang anda gunakan.
3). Sederhanakan CSS anda.

Sekian postingan saya kali ini tentang Cara Mengukur Berat dan Loading Blog, semoga dapat bermanfaat bagi sobat bloger semua :)



Artikel Terkait :

19 komentar:

Didont mengatakan...

makasih info nya gan ikut ke posyandu nya yah :-D

nini Bawel mengatakan...

ia bener bangt nih...
nice info dah :)

Abdul Rohim S. mengatakan...

infonya bagus gan...saya mao terapkan ...trimakasih

sandychitter mengatakan...

:D

Cirebon-Cyber4rt™ mengatakan...

Didont : hehehe siip gan :D

Nini : siip :)

Abdul Rohim : sama-sama gan :)

Sandy : :)

Makasih all udah berkunjung ke blog saya yg kecil ini :) semoga ngga bosen kesini lagi ya :D

Ofri Ferdian mengatakan...

ke posyandu dulu gan blog ane
hehehe

Cirebon-Cyber4rt™ mengatakan...

Ofri Ferdian : hehee monggo gan :D

Hana Nuraini mengatakan...

artikelnya bermanfaat banget, kebetulan lagi nyari2 cara nimbang blog ^^

Cirebon-Cyber4rt™ mengatakan...

Hana Nuraini : hehee terimakasih :) salam blogger...

Indra mengatakan...

wah blog ane masih terlalu berat nih. perlu diet kek nya. hehe

oya, follow back ya gan :)

Cirebon-Cyber4rt™ mengatakan...

Indra: silahkan gan :) hehee

Admin Boriel Cyber mengatakan...

nice gan ..,,,,

Cirebon-Cyber4rt mengatakan...

@Boriel Cyber : Siiip... :)

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ mengatakan...

. . cara agar loading blog cepat gimana ya?!? cz walo pun udah dkompres ttp aja lama. hhuhh . .

Cirebon-Cyber4rt mengatakan...

Vpie Maha Dhifa: caranya pilih template yang minimalist, kurangi widget2 yg kurang berguna :) klo kompres css cuma pelengkap aja :D

Belajar Ngeblog mengatakan...

Cirebon Cyber4rt trima kasih tutorialnya. Langsung di TKP. Salam sukses selalu ya.

Edyn Laskar mengatakan...

sangat bermanfaat tutorialnya,,, Trims
Oya, klo keneksi lambat alias lemot apa hasinya masi akurat juga...?

asnova lebang mengatakan...

nice infonya gan

f3apo mengatakan...

blog gua free3allpengetahuanku.blogsapot.com breat gak???

Poskan Komentar

Contact

Nama

Email *

Pesan *